Pages

Sabtu, 22 Mei 2010

POHON TERTUA



Pemburu fosil dari Amerika Serikat telah menemukan pohon tertua di dunia. Pohon jenis palem-paleman itu disebut Wattieza, yang diperkirakan hidup 380 juta tahun lalu. Penemuan yang dipublikasikan di Jurnal Nature edisi kemarin ini memberikan gambaran bagaimana hutan menghijaukan permukaan bumi.

Pada June 2004, Linda VanAller Hernick dan Frank Mannolini dan Museum Negeri New York menemukan mahkota sebuah pohon besar di sebuah tambang batu pasir, 16 kilometer dari Gilboa, di New York. Kawasan itu terkenal sebagai tempat yang kaya dengan fosil tumbuhan dan artropoda.

Berpacu dengan waktu-karena tempat penambangan itu terus digali untuk membuat jalan-Hernick dan Mannolini akhirnya berhasil menemukan fragmen-fragmen batang pohon Wattieza. Mereka menyusunnya bak sebuah puzzle, sampai sepanjang delapan meter.

Kulit batang pohon itu seperti batang palem. Pada bagian atas, berkas daunnya menyebar, sebuah cara yang membuat pohon itu bisa tumbuh vertikal, menyempil dari kanopi hutan dan meraih sinar matahari.

Akar Wattieza pendek, bereproduksi dengan spora, dan kemungkinan pohon dewasanya mencapai 10 meteran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Entri Populer

 

About Me

Foto saya
Padang, Sumatera Barat, Indonesia
Nama saya Anggun Purnama Edra, tapi saya lebih suka di panggil Anggun Edward. Sekarang saya udah kuliah di UGM jurusan teknik geologi, dulu saya merupakan siswa SMAN 1 Padang.Saya sangat suka blogging.

Add me on Facebook

Blogger news

Blogroll

100 Blog Indonesia Terbaik Yuk.Ngeblog.web.id Google PageRank Checker
Yuk.Ngeblog.web.id

Follow me on Twitter